Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Penulis: Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Zakiyah Ulfah, M.Pd

Pengembangan bahasa pada anak usia dini sangat penting karena bahasa menjadi dasar kemampuan seorang anak dapat meningkatkan kemampuan yang lain. Dengan kemampuan mereka berbahasa, anak akan mampu mengungkapkan pikiran dan disampaikan menggunakan bahasa secara tepat serta mampu berkomunikasi dengan baik. Selain itu, bahasa dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan lingkungan, mengembangkan kemampuan intelektual dan ekspresi anak, serta menyatakan perasaan-buah pikiran mereka kepada orang lain.

Bila ditelisik lebih lanjut, pengembangan bahasa pada anak terbagi dalam tiga aspek sebagai berikut.

  1. Kosa kata: penguasaan kosa kata seorang anak dapat berkembang dan ia pelajari melalui pengalamannya berinteraksi dengan lingkungannya, baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah.
  2. Sintaksis: kemampuan dalam hal sintaksis seseorang dapat memungkinkan mereka menyusun kalimat dengan tata bahasa yang tepat berdasarkan pengalamannya.
  3. Semantik: kemampuan semantik menjadikan anak mulai memahami makna dari kata-kata yang dia dengar dan gunakan.

Kemudian, salah satu indikator dari kemampuan bahasa anak mulai berkembang adalah kemampuannya dalam bercerita. Dalam hal ini, seorang anak dapat menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain secara lisan dengan tiga aspek (kosa kata, sintaksis, dan semantik) yang dia kuasai. Lalu, bagaimana parameter seorang anak usia diri telah mempunyai kemampuan bercerita sebagai salah satu indikator aspek kebahasaannya telah berkembang, akan dibahas tuntas di dalam buku ini.

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

Penulis: Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Zakiyah Ulfah, M.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.